Pengertian seputar Hosting




Hosting berasal dari kata "host", yang artinya yang terhubung dalam jaringan. Memanfaatkan fasilitas yang tersedia dalam suatu yang terhubung dengan jaringan.

Hosting juga berarti sebuah layanan internet untuk penempatan informasi-informasi baik untuk halaman-halaman web, peyimpanan , database, dll. Untuk sederhananya, anggaplah layanan ini sebagai solusi untuk menempatkan halaman-halaman web anda agar selalu online dan bisa diakses dimana pun dibelahan bumi dengan adanya koneksi internet. Dengan demikian, kita tidak perlu menyediakan satu khusus yang selalu online di kantor atau di rumah anda, melainkan cukup dengan bekerjasama dengan penyedia jasa hosting ini.

Istilah lain yang mungkin terkait dengan hosting diantaranya :
- Hosting Service Provider

istilah lain dari Web Hosting.
- Webhosting
Layanan untuk penempatan halaman-halaman web di internet di mesin yang selalu terhubung dengan internet
- Web Hosting
Perusahaan yang menyediakan layanan dan penyimpanan Web bagi perorangan atau perusahaan. Ada tiga tipe utama dalam layanan hosting yaitu shared, dedicated dan colocation.
- Shared Hosting
Layanan hosting diberikan dengan meletakkan file-file pelanggan dalam satu server bersama dengan pelanggan lainnya. Cara ini memang lebih hemat dalam investasi awal, akan tetapi menjadi masalah pada saat situs pelanggan menjadi semakin besar serta semakin banyak pengaksesannya. Apalagi bila ditambahkan dengan file besar seperti stream-video. Keterbatasan shared hosting ini adalah pada bandwith dan kecepatan processor servernya untuk melayani pengguna dalam jumlah banyak.
- Dedicated Hosting
Salah satu tipe dari layanan hosting yang memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk meletakkan file-file situsnya pada sebuah server yang khusus disewakan kepada pelanggan oleh penyelenggara jasa layanan. Dengan cara ini maka pengisi data akan mempunyai keleluasaan dalam mengembangkan muatan maupun aplikasi pada servernya dan dijamin unjuk kerjanya akan tetap baik. Mekanisme ini kemungkinan cocok untuk perusahaan kecil dan menengah yang tidak memiliki staff khusus untuk mengelola situs dan servernya, termasuk e-mail, vpn, dan lain-lainnya. Sebagai kelengkapan fasilitas bagi penggunan dedicated hosting provider, adalah diberikannya backup sumber listrik (catudaya) dan beberapa sambungan utama ke Internet.



Responses

Leave a Comment

Fill the form below to reply.